Selasa, 04 Januari 2011

LAGU PERTAMA

Saat itu aku masih berumur 13 tahun. Aku selalu mendengar lantunan nada-nada gitar yang di mainkan oleh remaja di dekat rumahku, namanya Zen. Yang memang Zen begitu mahir memainkan alat musik petik tersebut. Lagu pertama yang sering aku dengar dari yang Zen nyanyikan adalah "November Rain" dari "Gun's N Roses". Aku tersentuh mendengar lagu itu, meskipun aku tidak begitu faham akan arti dan makna lagu tersebut.

Dari keseringanku mendengar lagu itu setiap malam yang sering Zen nyanyikan, tersirat dalam benakkuuntuk bisa menyanyikan lagu "November Rain". Aku pun segera meminta Zen mengajari aku bermain gitar. Tak lama, Zen pun memberikan ku selembar kertas. Sesaat aku tak mengerti apa yang Zen maksud. Ternyata pada kertas tersebut bertuliskan beberapa kalimat dengan menggunakan bahasa Inggris. Zen pun menegaskan pada ku bahwa kalimat itu adalah lirik lagu "Novenber Rain".

Saat itu aku tak bisa membaca kata-kata dalam bahasa Inggris. Dan aku pun memintanya agar mengajarkan cara membacanya. Maklumlah, saat itu disekolah ku tidak ada mata pelajaran bahasa Inggris, jadi aku tak terlalu mahir membacanya. Zen pun memaklumi keadaan ku, dan Zen pun berpesan kepada ku agar aku mempelajari terlebih dahulu cara membaca dan menguasai grammar bahasa Inggris. Karena, sedikit saja aku salah membacanya maka makna dari kalimat tersebut akan berubah dan berbeda.

Hmmmm,,,,memang cukup rumit untuk anak seumuran ku, tapi aku takkan pernah menyerah untuk mempelajari bahsa Inggris. Untuk membuktikan kesungguhan ku, aku membeli kamus kecil bahasa Inggris yang aku beli di pasar tradisional yamg lumayan jauh dari rumah ku. Saat itu harganya pun masih Rp. 5000,-. Ketika aku telah mempunyai kamus, aku kerap kali mencoba untuk menterjemahkan kata demi kata pada lagu "Novenber Rain". Dan karena hal inilah yang membuatku menjadi suka pada bahasa Inggris.

Setelah aku cukup hafal dengan lirik lagu "November Rain" aku sering ikut bernyanyi bersama Zen setiap malam. Padahal anak seumuran ku yang lain tidak ada yang tahu dan peduli dengan lagu "November Rain". tapi bagi ku, keinginan ku terpenuhi.

Keesokan harinya, Zen mengajak ku ke rumahnya sehabis aku pulang sekolah. Waktu itu aku sekolah pagi jadi banyak waktu luang sehabis pulang sekolah. Zen menunjukkan beberapa koleksi kaset tape-nya. Aku tak tahu betul dengan nama-nama band atau penyanyi dari kaset tape yang Zen putarkan pada radio tape-nya yang telah berdebu.

Zen menyebutkan nama-nama band dan penyanyi yang Zen koleksi. Zen sempat menyebutkan nama: "Radiohead, Elthon John, Red Hot Chili Peppers, Shakira, The Cranberries, Mariah Carey, Coldplay dan Muse". Beberapa pengetahuan yang cukup berharga buat ku waktu itu.

Ketika aku cukup tahu dengan lagu-lagu yang Zen tunjukkan , aku menginginkan agar bisa menyanyikannya dengan memainkan gitar. Saat itu Zen mulai mengajari ku beberapa chord gitar, seperti Am dan Em. "Itu tahap awal", ucap Zen. Lalu setelah aku bisa memainkan chord Am dan Em, Zen juga mengajari ku beberapa chord yang lain, seperti: G, Bm, A, F, Cm, F#m, C#m, C, D, Bb, Dm, Bbm, Fm dan E. Hanya itu yang Zen ajarkan pada ku.

Aku terlalu sering belajar bermain gitar daripada bermain bersama anak-anak lain seumuran ku sehabis pulang sekolah. Dari gitar yang Zen pinjamkan pada ku, aku terus mempelajari lagu-lagu yang Zen ajarkan pada ku. Lagu pertama yang aku bisa dari hasil berlatih ku bermain gitar adalah lagu "Radiohead" yang berjudul "Creep", meski pun saat itu aku lebih suka pada lagu "November Rain".

Zen meminta ku agar aku mempelajari chord dan lagu-lagu dari band lain, termasuk band Indonesia agar aku lebih pandai bermain gitar. Zen pun sering memberikanku lirik lengkap serta chord-nya pada ku.

Satu pesan yang masih teringat dan sering aku lakukan sampai sekarang adalah "Potong kuku-kuku jari, agar nada yang didapat lebih jernih dan keras". Sebuah tips kesehatan yang berguna untukku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar