Sabtu, 01 Januari 2011

KENCANA GEMILANG

Aku adalah pria yang bekerja di PT. KENCANA GEMILANG (MIYAKO), sebuah pabrik industri yang memproduksi kebutuhan rumah tangga. Aku bekerja di bagian Crusher Injection, sebuah bagian yang memproses produksi reject ke bentuk awal dan menjadikannya ke bahan semula. Banyak nama-nama bahan plastik yang telah aku tau. Dari warna, ciri, perbedaan dan fungsinya. Akupun jadi lebih tahu tentang proses pembuatan alat rumah tangga yang terutama dari bahan plastik.

Aku bersyukur dapat bekerja di KENCANA GEMILANG. Aku memulai kerja pada 11 januari 2008 dan berhenti pada Agustus 2008, yang mungkin jika dihitung-hitung kurang lebih 6 bulan aku bekerja untuk KENCANA GEMILANG. Awalnya aku tak berniat untuk bekerja di KENCANA GEMILANG, aku hanya mengikuti nasihat dari paman ku yang menyarankan aku untuk bekerja di KENCANA GEMILANG.

Selepas lulus sekolah, aku mengharapkan agar bisa bekerja di industri yang memproduksi sepatu olah raga yang terletak di dekat sekolah ku. Tapi siapa duga, akhirnya aku jadi karyawan kontrak untuk KENCANA GEMILANG.

Gaji pertama yang aku terima dari hasil keringatku adalah Rp. 343.300,- yang (mungkin) saat itu cukup untuk memenuhi kebutuhanku 2 minggu kedepan. Aku dapat menerima gaji pertamaku dengan ikhlas, karena aku tahu, 2 minggu kedepan gaji ku akan 2x lipat lebih besar dari gaji pertama, meski tubuhku hancur lebur oleh jadwal kerja yang tak pernah libur dan juga banyak menguras tenaga. Bayangkan saja, hari pertama aku aku masuk kerja yaitu jam 7 pagi hingga jam 7 malam. Setiap hari aku bekerja 12 jam terkecualipada hari Minggu, aku hanya bekerja 8 jam. Aku lebih banyak menghabiskan waktu ku untuk bekerja dari pada untuk sekedar santai dan beristirahat di rumah. Tiap hari aku terbangun dari alarm yang telah aku pasang. Ku buka mata pada jam 04.30 pagi. Meski masih terasa mengantuk tapi aku paksakan untuk beranjak dari tempat tidur dan bergegas menuju ke kamar mandi. Sehabis mandi aku membiasakan shalat Shubuh lalu menyantap hidangan yang telah nenek persiapkan untuk ku. Jam 05.15 aku pamit, dan memulai perjalanan menuju KENCANA GEMILANG. Dengan motor Jupiter Z ku, ku jalani tuntutan profesi. Terkadang, dalam perjalanan aku berfikir, betapa lelahnya mencari uang halal. Tapi itu semua ku jalani demi masa depanku.

Selang 1 bulan bekerja, aku merasa ada hal aneh yang terjadi pada tubuhku. Aku jadi lebih sering terkena flu dan demam. Mulanya aku tak terlalu menghiraukan penyakit itu, namun akhirnya ini berdampak buruk buatku. Bukan hanya flu yang aku rasa, tapi batuk pun jadi turut serta dan panas dingin suhu tubuh ku tak mau ketinggalan. Aku jatuh sakit, 1 minggu aku tak masuk kerja. Mungkin penyakit ku adalah pengaruh dari lingkungan di tempat kerja ku yang penuh dengan debu yang membuat kekebalan tubuh ku pun jadi kurang stabil. Meski dalam keadaan sakit, aku tetap saja mencemaskan nasibku di KENCANA GEMILANG untuk 6 bulan ke depan. Maklumlah, posisi ku saat itu adalah karyawan kontrak, jadi selalu saja merasa risau jika absen lebih dari 3 hari. Karena aturannya "karyawan kontrak bisa saja diberhentikan secara sepihak bila tidak masuk kerja lebih dari 3 hari".

Hmmmmm.......Aku cuma lelah!!!

Jarak tempuh dari rumahku ke KENCANA GEMILANG lumayam jauh, karena itulah aku jadi lebih sering lelah saat di perjalanan, di tambah lagi dengan waktu kerja ku yang begitu padat. Tapi aku tahu, inilah resiko dan konsekuensi pekerja.

Di dalam industri aku hanya bekerja sebagai handling. Tiap hari selama 12 jam aku menarik dan membawa bahan seberat lebih dari 300 kg ke bagian gudang dengan menggunakan troli besi. "Pegal, pegal, pegal" hanya itu yang bisa aku ucapkan. Terkadang aku mengeluh dan mencoba untuk pindah kelain industri, tapi aku begitu kasihan dengan nenek ku yang sudah terlalu tua. Karena beliau hanya mengandalkan aku dan uang gajiku untuk dapat bertahan hidup.

Sering kali aku sedih dengan keadaan ku yang seperti ini. "Aku bekerja tapi seperti disiksa", aku begitu sensitif pada apa yang terjadi dengan hidup ku dan sekitar ku. "Aku ingin punya waktu luang, aku ingin libur". Naluri masa muda ku selalu nenggoda ku.

Aku sering membolos kerja, bahkan aku pun sering menolak untuk kerja lembur pada hari Minggu. Karena hal itulah kabag berbalik memarahi ku. Dari keseringan aku dimarahi, aku pun jadi seorang pemberontak di Crusher. Saking parahnya, aku pernah berkelahi dengan kepala bagian. Perkelahian itu tidak akan terjadi bila pada hari gajian itu kepala bagian tidak terlalu pilih kasih padaku. Aku merasa bersalah, tapi aku pun harus menang dalam segala hal.

Mungkin KENCANA GEMILANG telah menyadarkan aku, bahwa hidup itu begitu keras untuk dijalani. Kontrak kerja ku pun tidak diperpanjang lagi. Ada 3 hal yang membuat aku di rumahkan:
1. Aku sering tidak masuk kerja tanpa keterangan
2. Aku sering menolak untuk lembur pada hari Minggu dan tanggal merah
3. Aku berkelahi dengan kepala bagian

3 komentar:

  1. Hidup memang susah mas
    tapi kmu berhasil merefleksikannya, untuk kebaikan masa depan..
    sukses selalu,, mungkin bukan di sana jalanmu

    BalasHapus
  2. Kami PT.PRIMA JASALINDO NUSANTARA , adalah perusahaan Jasa Export dan Import specialist dalam bidang Jasa Customs Clearance di Kepabeanan baik via Bandara maupun Pelabuhan di seluruh Nusantara,bersama ini kami Management , PT.PRIMA JASALINDO NUSANTARA ,berminat untuk bermitra dengan perusahaan Bapak/Ibu dalam bidang Jasa dan berikut ini jenis service kami :

    • Undername Service LCL & FCL
    • Import Borongan
    • Door To Door, Port To Door Dari seluruh dunia dengan service memuaskan
    • Distribution
    • International freight services
    • Warehousing & distribution
    • International project cargo
    • Transshipment handling & co-ordinations
    • Shipping agency
    • Dangerous cargo handling
    • Trucking Cargo
    • Customs clearance & documentation
    • Crating and packing
    • Machinery handling & relocation
    • Untuk semua jenis barang termasuk dangerous cargo atau Personal Effect

    Dengan Lisensi Import diantaranya :
    - S R P/N I K
    - N P W P
    - A P I-U
    - N P I K Garment dan Produk jadi
    - N P I K Electronic ept import

    Sehubungan dengan kegiatan perusahaan kami yang bergerak di bidang jasa import & Export undername,Dengan memakai APIU kami untuk semua jenis barang dengan pengecualian ijin lain yang menyangkut regulasi import Tertentu (Lartas)

    Apabila ada import kami bisa membantu untuk pemrosesan nya,

    Demikanlah pemberitahuan ini saya sampaikan,semoga terjalin kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak dan efektif,Terima kasih.

    Note : PT.PRIMA JASALINDO NUSANTARA ,Status Di Bea Cukai ( KUNING )

    Best Regards
    Ramady

    Mobile : 081237777518 / WA 081237777518
    E mail : ramady_pjncargo@yahoo.com


    PT.PRIMA JASALINDO NUSANTARA
    Ruko Grand Pasar Minggu Lt 2.
    Jl.Raya rawa bambu No 88G Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520.
    PH : 021 27806364, 22790422
    FX : 021 27806364
    Web : www.pjncargo.com

    BalasHapus
  3. https://ptpinxiangraihaindomandiri.blogspot.com/2018/06/jasa-import-export-via-laut.html

    BalasHapus