Senin, 07 Oktober 2013

7 FAKTA DI BALIK IPO TWITTER

Terkait dengan initial public offering (IPO) Twitter, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Misalnya, jejaring sosial ini hanya mampu menampung 140 karakter huruf dalam tweet-nya.

Secara lengkap, berikut ini 20 fakta di balik IPO Twitter seperti dilansir dari Forbes, Minggu (6/10/2013).

1. Apa dan siapaTwitter pertamakali didirikan pada tanggal 21 Maret tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Noah Glass dan Biz Stone. Awalnya, Dorsey mengirim tweet sebanyak 24 karakter untuk mengumumkan layanan ini.

Perusahaan ini pertama kali berbasis di San Francisco dan saat ini memiliki kantor di lebih dari 15 negara di seluruh dunia dengan Dick Costolo sebagai CEO dan Dorsey sebagai chairman.

2. Ticker
Saham Twitter memiliki ticker TWTR.

3. Misi
"
Twitter adalah sebuah platform global untuk khalayak umum mengekspresikan diri dan melakukan percakapan secara real time. Dengan mengembangkan cara baru bagi orang untuk mengeluarkan pernyataan, mendistribusikan dan menemukan konten, Twitter telah mendemokratisasi pembuatan konten dan distribusi. Hal ini yang memungkinkan setiap suara sampai seluruh dunia langsung dan tanpa filter".

4. Penggalangan dana
Perusahaan berharap nilai IPO ini mencapai USD10 miliar. Dana ini akan digunakan untuk keperluan umum, termasuk modal kerja, biaya operasi dan belanja modal. Selain itu, uang tersebut juga untuk menutupi pemotongan pajak dan biaya lainnya yang berhubungan dengan IPO. Sisanya, hasil bersih tersebut akan digunakan untuk mengakuisisi bisnis, produk, jasa atau teknologi.

5. Valuasi
Pada tanggal 30 Juni 2013, ada 472.613.753 lembar saham Twitter yang dimiliki oleh 704 pemegang saham, dan tidak ada saham saham preferen yang beredar. Nilai saham wajar per 5 Agustus mencapai SUD20,62 per saham, alhasil total nilainya mencapai USD9,74 miliar.

6. UsersTwitter mengatakan memiliki lebih dari 215 juta pengguna aktif bulanan dan lebih dari 100 juta pengguna aktif harian. Mereka mengirimkan lebih dari 500 juta tweet per hari. Akun palsu atau spam pun hanya mewakili kurang dari 5 persen dari pengguna aktif tersebut.

7. Kecepatan dan jangkauan.
Saat ini, telah lahir sebanyak 300 miliar tweet. "Presiden Obama menggunakan platform kami untuk menyatakan pertama kali atas kemenangannya dalam pemilihan presiden AS 2012, dengan tweet yang dilihat sekitar 25 juta kali pada platform kami dan didistribusikan secara luas secara offline dalam media cetak dan elektronik".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar