Terkait dengan initial public offering (IPO) Twitter, ada beberapa hal
yang perlu diketahui. Misalnya, jejaring sosial ini hanya mampu
menampung 140 karakter huruf dalam tweet-nya.
Secara lengkap, berikut ini 20 fakta di balik IPO Twitter seperti dilansir dari Forbes, Minggu (6/10/2013).
1. Apa dan siapaTwitter
pertamakali didirikan pada tanggal 21 Maret tahun 2006 oleh Jack
Dorsey, Evan Williams, Noah Glass dan Biz Stone. Awalnya, Dorsey
mengirim tweet sebanyak 24 karakter untuk mengumumkan layanan ini.
Perusahaan
ini pertama kali berbasis di San Francisco dan saat ini memiliki kantor
di lebih dari 15 negara di seluruh dunia dengan Dick Costolo sebagai
CEO dan Dorsey sebagai chairman.
2. Ticker
Saham Twitter memiliki ticker TWTR.
3. Misi
"Twitter
adalah sebuah platform global untuk khalayak umum mengekspresikan diri
dan melakukan percakapan secara real time. Dengan mengembangkan cara
baru bagi orang untuk mengeluarkan pernyataan, mendistribusikan dan
menemukan konten, Twitter telah mendemokratisasi pembuatan konten dan
distribusi. Hal ini yang memungkinkan setiap suara sampai seluruh dunia
langsung dan tanpa filter".
4. Penggalangan dana
Perusahaan
berharap nilai IPO ini mencapai USD10 miliar. Dana ini akan digunakan
untuk keperluan umum, termasuk modal kerja, biaya operasi dan belanja
modal. Selain itu, uang tersebut juga untuk menutupi pemotongan pajak
dan biaya lainnya yang berhubungan dengan IPO. Sisanya, hasil bersih
tersebut akan digunakan untuk mengakuisisi bisnis, produk, jasa atau
teknologi.
5. Valuasi
Pada tanggal 30 Juni
2013, ada 472.613.753 lembar saham Twitter yang dimiliki oleh 704
pemegang saham, dan tidak ada saham saham preferen yang beredar. Nilai
saham wajar per 5 Agustus mencapai SUD20,62 per saham, alhasil total
nilainya mencapai USD9,74 miliar.
6. UsersTwitter
mengatakan memiliki lebih dari 215 juta pengguna aktif bulanan dan
lebih dari 100 juta pengguna aktif harian. Mereka mengirimkan lebih dari
500 juta tweet per hari. Akun palsu atau spam pun hanya mewakili kurang
dari 5 persen dari pengguna aktif tersebut.
7. Kecepatan dan jangkauan.
Saat
ini, telah lahir sebanyak 300 miliar tweet. "Presiden Obama menggunakan
platform kami untuk menyatakan pertama kali atas kemenangannya dalam
pemilihan presiden AS 2012, dengan tweet yang dilihat sekitar 25 juta
kali pada platform kami dan didistribusikan secara luas secara offline
dalam media cetak dan elektronik".
Tidak ada komentar:
Posting Komentar